OLKA (Olimpiade dan Lomba Kompetensi Al Azhar) adalah kegiatan rutin yang diharapkan dapat menggali potensi kompetensi akademik dan kompetensi performa peserta didik. Peserta OLKA adalah dari Sekolah Dasar Islam Al Azhar se-Indonesia. Saat ini sudah 68 Sekolah Dasar Islam di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar yang tersebar di 19 propinsi di Indonesia.

OLKA yang sudah diselenggarakan sebanyak 20 kali terus mengalami perubahan. OLKA juga menjadi salah satu sarana untuk menjadi bench marking bagi Sekolah Dasar Islam Al Azhar se-Indonesia agar kualitas pendidikan lebih terjaga dan seimbang antara satu dengan yang lainnya, sehingga dapat mewujudkan generasi harapan bangsa yang berakhlak mulia, terampil, percaya diri, dan mampu bersaing secara global dengan tetap teguh memegang nilai-nilai ajaran Islam.

SD Islam Al Azhar 19 Sentra Primer adalah penyelenggara OLKA Ke 20 di tahun 2020 sudah berjalan dengan lancar, sukses dan barokah pada tanggal 18 Januari 2020 di Kampus Al Azhar Sentra Primer Jakarta Timur. Dengan dukungan penuh dari YPI, sekolah-sekolah peserta, stakeholder kampus Alsen dan lingkungan sekitar kampus, alhamdulillah semua bersinergi dengan baik sehingga kegiatan ini berjalan sesuai harapan. Diikuti oleh 532 peserta dari 59 sekolah yang mengikuti 3 cabang lomba dari akademik dan 7 cabang lomba performance.

Patut disyukuri juga bahwa, selain sebagai tuan rumah Alsen juga mendapat hasil yang memuaskan yaitu sebagai juara umum OLKA XX. Dengan perolehan medali emas dari cabang Matematika, IPA, dan Agama Al-Qur’an, serta Juara II Lomba Solo vocal dan Juara harapan 1 MTQ Putra.

Alhamdulillah, semoga pencapaian ini membuat Alsen makin gemilang. Dan OLKA Al Azhar akan menjadi ajang murid-murid Al Azhar untuk lebih semangat dalam peningkatan prestasi dan belajar melalui kompetisi yang sehat dan bermakna.

Kafilah Alsen dan Pendamping
Juara Umum OLKA XX
Penyerahan piala juara umum
Bersyukur atas kemenangan