Alhamdulillah

Jazakumullah Khairan Katsiran kepada murid-murid SDIA 19 yang berqurban melalui panitia qurban sekolah. Semoga Allah SWT menerima amalan dan pahala qurban kita. Aamiin

Keutamaan berqurban:

“Tidak ada suatu amalan yang paling dicintai oleh Allah dari Bani Adam ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat (sebagai saksi) dengan tanduk, bulu, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak di suatu tempat di sisi Allah sebelum mengalir di tanah. Karena itu, bahagiakan dirimu dengannya.” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Perintah berqurban:
Surah Al Hajj ayat 34-35
Artinya: “Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak”

Surat Al Hajj ayat 28
Artinya: “Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”

Surat Al Kautsar ayat 2
Artinya: “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu; dan berqurbanlah.”

Postingan Terkait